Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Toko Oleh-Oleh Laris Manis Saat Arus Mudik, Ini yang Pelanggan Butuhkan!

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Toko Oleh-Oleh Laris Manis Saat Arus Mudik, Ini yang Pelanggan Butuhkan!

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia yang merantau untuk mudik ke kampung halaman saat lebaran. Tentunya, pulang ke rumah tidak lengkap tanpa adanya oleh-oleh. Itulah kenapa toko oleh-oleh selalu laris manis saat arus mudik.


Jadi bagi anda yang menjalankan bisnis serupa, sebaiknya mulai bersiap agar dapat memenuhi kebutuhan para pelanggan yang hendak mudik ini. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk simak ulasannya berikut.

Kelola Toko Oleh-Oleh Menjelang Lebaran

1. Persiapkan Stok

Kalau sudah tahu bahwa animo masyarakat terhadap produk oleh-oleh begitu tinggi menjelang lebaran, maka toko harus sudah mempersiapkan diri dari jauh hari. Apa jadinya jika banyak pelanggan datang, namun stok di toko justru kosong? Tentu anda akan kehilangan kesempatan mendapat cuan lebih di momen satu kali setahun ini.
Jadi pastikan anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya jauh sebelum arus mudik berlangsung. Caranya yaitu dengan melakukan manajemen inventaris, seperti stock opname sampai stock forecasting.

Dengan begitu, anda pun bisa mengetahui persediaan barang di toko serta memprediksi penjualan ke depannya. Untuk meningkatkan kelancaran operasional toko, jangan lupa perhatikan pula aspek sumber daya manusia. Apalagi jika anda menjual oleh-oleh berupa makanan yang fresh.

2. Tidak Menaikkan Harga

Menjelang lebaran, memang sangat wajar jika berbagai bahan mengalami kenaikan harga, yang bahkan lonjakannya cukup signifikan. Di sinilah tantangan bagi para pelaku bisnis seperti toko oleh-oleh. Karena konsumen pastinya mengharapkan harga oleh-oleh yang anda jual tidak mengalami kenaikan harga.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan mempersiapkan stok dari jauh hari. Apabila anda memesan bahan persediaan jauh sebelum lebaran, maka anda bisa mendapat harga normal. Sehingga nantinya produk oleh-oleh yang dijual di toko pun tetap bisa mempertahankan harga seperti biasa, tidak perlu dinaikkan.

3. Tawarkan Opsi Transaksi yang Praktis

Kualitas layanan memang sangat perlu ditingkatkan dalam menghadapi lonjakan permintaan menjelang lebaran. Salah satunya yaitu dengan menawarkan opsi transaksi yang praktis bagi pelanggan. Ketika proses transaksi berjalan lancar dan cepat, maka anda bisa menerima lebih banyak konsumen dalam satu hari.

Ini tentunya juga akan meningkatkan kepuasan para pelanggan yang berbelanja di toko. Sebagai contoh, jika sebelumnya anda hanya menerima pembayaran tunai, maka kali ini tambah opsi pembayaran melalui bank. Jangan hanya satu, tapi bisa beberapa bank sekaligus serta e-wallet supaya transaksi lebih praktis.

4. Tawarkan Pembelian Online

Apabila bisnis anda belum merambah toko online, maka inilah saat yang tepat. Sebab tidak sedikit orang enggan pergi ke toko untuk membeli langsung, mengingat bahwa toko oleh-oleh pasti sangat penuh menjelang lebaran.

Jadi untuk memfasilitasi konsumen, anda bisa menerima pesanan secara online. Selain membuat operasional toko offline lebih lancar karena pelanggan tidak menumpuk di sana, adanya toko online memungkinkan anda meningkatkan penjualan.

5. Maksimalkan Promo

Karena masyarakat cenderung lebih konsumtif ketika merayakan lebaran, anda bisa memaksimalkan promo untuk mendorong kecenderungan tersebut dan meningkatkan penjualan. Inilah kenapa biasanya akan ada promo khusus di bulan ramadhan yang ditawarkan oleh para pelaku bisnis.

Promo yang ditawarkan bisa berupa potongan harga, cashback, buy 1 get 1, paket bundle khusus, dan lain sebagainya. Anda bisa membuatnya bervariasi, misal dengan promo potongan harga 30% di minggu pertama ramadhan, lalu meningkat menjadi 50% menjelang lebaran.

Selain itu tentunya gunakan aplikasi kasir yang mendukung semua metode pembayaran, karena para pemudik tidak semua pasti membawa uang tunai. Ditambah lagi pada saat ini pembayaran non tunai banyak diminati karena praktis. Gunakan  Olsera yang bisa membantu pembayara pelanggan Anda lebih praktis!

Itu dia hal-hal yang dibutuhkan pelanggan dan bisa dihadirkan oleh pelaku bisnis oleh-oleh saat arus mudik berlangsung. Jangan sampai anda melewatkan kesempatan emas meningkatkan pendapatan di momen lebaran seperti sekarang. Yuk, tunggu apa lagi? Segara praktikkan!