Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Simak Kampanye Marketing Ampuh Saat Lebaran!

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Simak Kampanye Marketing Ampuh Saat Lebaran!

Semua bisnis memang dituntut untuk memanfaatkan berbagai momen yang ada agar dapat meningkatkan omset yang dimiliki. Termasuk saat momen lebaran, pelaku bisnis harus bisa membuat kampanye marketing yang pas supaya bisa menggaet lebih banyak konsumen.


Apalagi masyarakat punya kecenderungan untuk berbelanja lebih di momen-momen lebaran seperti sekarang. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha? Yuk simak kampanye marketing ampuh saat lebaran berikut ini.

Cara Ampuh Promosi Saat Lebaran

1. Promo Diskon Spesial Ramadhan

Tidak bisa dipungkiri bahwa memberikan promo merupakan salah satu cara paling ampuh untuk menarik perhatian konsumen. Apalagi di momen lebaran seperti sekarang, biasanya masyarakat akan lebih aktif untuk mencari promo khusus Ramadhan. Baik itu diskon potongan harga, gratis ongkir, cashback, atau berupa hadiah langsung ketika membeli produk tertentu.

Dengan kebiasaan masyarakat tersebut, anda harus bisa memanfaatkan promo atau diskon untuk meningkatkan penjualan. Tentunya memberikan diskon juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab kompetitor bisnis anda sudah pasti ikut melakukannya. Dan sangat wajar bagi konsumen untuk mencari diskon terbaik yang cocok dengan kebutuhan mereka.

Jadi anda bisa mempertimbangkan bundle produk khusus, sebagai kampanye marketing ampuh saat lebaran. Kemudian menawarkan buy 1 get 1, hingga giveaway setiap konsumen belanja dalam jumlah tertentu.

2. Berikan Kesempatan Donasi

Dalam melakukan promosi di momen lebaran, anda dapat memberikan ruang donasi bagi para pelanggan. Hal ini dinilai sangat efektif dalam meningkatkan popularitas bisnis dan brand image. Kenapa? Karena di bulan Ramadhan, masyarakat biasanya punya motivasi tinggi dalam berbuat baik seperti berbagi kepada sesama.

Jadi ketika bisnis anda dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat tersebut, maka customer tentu akan meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen. Supaya lebih meyakinkan, anda bisa bekerja sama dengan suatu organisasi sosial. Sehingga pelanggan dapat berdonasi setelah melakukan pembelian, dan hasil donasi dapat langsung disalurkan oleh organisasi sosial.

3. Kampanye ‘Bagikan Momen Lebaranmu’

Kampanye marketing ampuh saat lebaran berikutnya yaitu meminta pelanggan untuk berbagi cerita mengenai momen spesial mereka. Cara marketing ini dilakukan dengan menggunakan media sosial, memanfaatkan fitur hashtag yang ada. Misalnya dengan media sosial seperti Instagram atau TikTok.

Gunakan hashtag unik supaya banyak customer yang mau ikut serta. Jangan lupa, tawarkan penghargaan bagi pelanggan yang membagikan cerita paling menginspirasi. Kampanye seperti itu akan membantu dalam meningkatkan engagement, sampai meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap merek.

Selain itu, bukan tidak mungkin jika kampanye yang dilakukan dapat meningkatkan penjualan. Supaya dapat memperoleh berbagai tujuan ini, anda bisa memberi informasi tentang campaign terlebih dahulu melalui media sosial ataupun email marketing.

4. Kemas Konten Bertema Ramadhan

Membuat konten relevan dengan momentum yang ada merupakan hal wajib dalam marketing bisnis. Meskipun sebenarnya produk atau jasa yang anda tawarkan tidak memiliki hubungan dengan Ramadhan secara langsung, namun konten promosi sebaiknya tetap didesain memiliki suasana lebaran.

Misalnya dengan menggunakan hiasan ketupat, lentera Maroko, animasi bulan sabit, atau nuansa warna hijau pada konten media sosial bisnis. Kemudian isi konten juga bisa membahas tentang Ramadhan, agar dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Sesekali, anda dapat menyisipkan copywriter, jadi tidak melulu promosi langsung. Misalnya membuat sapaan yang pas dengan bulan Ramadhan seperti untuk sahur, berbuka puasa, dan lain sebagainya.

Beberapa cara di atas merupakan kampanye marketing ampuh saat lebaran yang bisa anda coba. Intinya adalah anda perlu menghadirkan pengalaman pembelian terbaik untuk pelanggan, yang relevan terhadap momen lebaran. Dengan begitu, maka angka penjualan bisnis akan meningkat selama Idul Fitri. Selain itu, gunakan Olsera sebagai aplikasi kasir dengan banyak fitur yang bantu kelola usaha Anda. Yuk terapkan!