Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Rahasia Praktis Kelola Resto Penuh Reservasi Saat Momen Silaturahmi Idul Fitri

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Rahasia Praktis Kelola Resto Penuh Reservasi Saat Momen Silaturahmi Idul Fitri

Anda punya bisnis resto yang biasanya ramai di momen lebaran? Fenomena ini memang bukan hal baru lagi, tapi perlu kesiapan dan strategi agar resto berjalan optimal. Bagaimana caranya? Di artikel ini, akan ada pembahasan tentang tips penerapan sistem reservasi untuk kelola resto.

Ada apa saja yang harus diperhatikan? Pada dasarnya, menggunakan sistem atau aplikasi reservasi sudah digadang sebagai pembantu kebutuhan manajemen booking. Tapi, ada juga beberapa aspek yang hendaknya jadi perhatian agar mendukung penggunaan aplikasi tersebut. Berikut ini adalah informasinya.

Tips Menerapkan Sistem Reservasi di Restoran Ramai

1. Gunakan Sistem Reservasi Digital 

Karena saat ini sudah pada digital, lebih baik pertimbangkan juga aplikasi yang bisa dukung kebutuhan reservasi secara digital pula. Saat ini ada banyak macam dan mereknya. Tapi sebelum ke pemilihan merek, kenali dulu jenisnya. 

Yang pertama adalah platform pihak ketiga, yang mana cocok untuk menarik pelanggan baru. Aplikasi orang ketiga tersebut dijadikan sistem reservasi yang sudah memiliki pengguna luas. Jadi bisa untuk sekaligus promosi atau untuk mengenalkan resto. Tapi kalau tidak ingin ada campur tangan pihak ketiga, bisa juga pakai sistem online. 
Umumnya sistem yang satu ini digunakan dengan website pribadi restoran yang Anda jalankan. Dengan adanya website ini, bisnis pun bisa dipromosikan dan dipasarkan secara luas dengan cara internal. Bisa juga pakai click to call atau telepon untuk reservasi. Cara ini cocok jadi alternatif kedua opsi. 

2. Berikan Batasan Waktu Reservasi 

Untuk mengantisipasi kerumunan dan rebutan reservasi atau booking, terapkan juga batas waktu reservasi. Tujuannya adalah agar rantai pelanggan terus berputar yakni dengan memberi batasan waktu untuk setiap pengunjung yang booking. Jika sudah mendekati waktu habis, beri tahu pembeli karena sudah ada yang antri.   

3. Mulai Daftar Tunggu

Daftar antrian dan daftar tunggu bisa membantu mengatur masa, terutama saat sedang puncak keramaian. Biasanya daftar tunggu ini diberikan saat tidak ada ruang kosong tapi permintaan terus datang. Alhasil, daftar antrian atau tunggu akan lebih jelas. Satu tips rahasia yang bisa dilakukan adalah selalu menyediakan satu meja kosong untuk hindari mengusir. 

4. Siapkan Pekerja Untuk Tangani Reservasi Atau Beli Langsung 

Karena menggunakan sistem booking digital, jangan ragu untuk beri pelatihan bagi para pekerja. Di sini mereka tidak hanya belajar cara pakai sistemnya, tapi juga untuk memisah pengunjung yang sudah reservasi atau beli secara langsung. Dengan mengenal dan lebih tegas soal proses booking maka staff akan bekerja lebih baik. 

5. Berikan Prosedur kerja Untuk Hindari Double Booking 

Prosedur kerjanya seperti apa? Apakah orang yang datang bisa langsung duduk? Sebenarnya tidak. Perlu prosedur yang rapi dan terorganisir agar tidak terjadi reservasi ganda. Masalah ini bisa menyebabkan kinerja resto berantakan. Apalagi saat pengunjung datang bersamaan dan saling berebut bahkan ricuh. Karena itu selalu perhatikan jadwal reservasi dari waktu ke waktu. 

Mengurangi bottleneck atau keramaian yang berlebihan dan masalah double booking juga akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan. Setiap pelanggan yang datang dan pergi sudah diatur dengan baik. Alhasil seluruh rangkaian kerja berfungsi secara optimal. Mulai dari memasak, penerimaan tamu, penempatan, dan penyajian akan berjalan lancar. 

Itulah beberapa tips rahasia kelola resto penuh reservasi saat momen silaturahmi idul fitri. Intinya adalah persiapan yang matang, gunakan juga sistem reservasi atau booking dalam bentuk aplikasi. Pilih Olsera sebagai aplikasi kasir all-in-one, dilengkapi dengan fitur layanan Reservasi. Kemudian terapkan beberapa batasan dan daftar tunggu. Lanjut, beri pelatihan yang tepat agar pekerja bisa mendukung sistem ini dengan baik.

Yuk baca artikel lainnya di sini
- Bisnis Pastry Banjir Orderan Lebaran dengan Toko Online!
- 5 Strategi Menetapkan Pasar UMKM di Bulan Ramadhan
- Pentingnya FIFO (First In, First Out) untuk UMKM Saat Ramadhan