Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Intip Tren Bisnis Kecantikan Lokal yang Semakin Bersinar

Oleh Ridho
Share
Copy
asdasd
Intip Tren Bisnis Kecantikan Lokal yang Semakin Bersinar

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah brand skincare lokal yang beredar di pasaran mengalami peningkatan signifikan. Bahkan bukan hanya di dalam negeri, namun industri kosmetik nasional juga tampaknya mampu menembus pasar ekspor.

Diperkirakan bahwa potensi tren bisnis kecantikan ini akan tumbuh secara global dengan pertumbuhan rata-rata 5,5 persen per tahun, hingga diprediksi mencapai 473,21 miliar dollar AS pada 2028 nanti. Apa alasannya dan seperti apa tren bisnisnya? Yuk intip.

Alasan Produk Lokal Semakin Diminati


Tidak bisa dipungkiri bahwa produk kecantikan lokal saat ini memang sedang begitu naik daun di tengah masyarakat. Dengan kualitasnya yang tidak kalah dengan produk asing, banyak orang yang lebih memilih menggunakan produk lokal tersebut untuk perawatan kulit hingga merias wajah sehari-hari.

Dan meskipun kualitasnya tidak kalah bersaing, harga produk lokal lebih terjangkau yang membuat masyarakat semakin terdorong untuk membelinya. Kualitas produk yang setara dengan brand internasional dan harga yang terjangkau, menjadi dua alasan utama kenapa brand lokal semakin digandrungi.

Alasan lainnya, produk lokal dinilai lebih aman digunakan karena sebelum beredar akan diuji BPOM terlebih dahulu. Selain itu, banyak pula yang membelinya lantaran ingin membantu UMKM lokal. Apalagi sekarang para influencer banyak yang merekomendasikan brand kecantikan lokal, membuat merek-merek tersebut semakin dikenal secara luas oleh masyarakat.


Baca juga: Tips Agar Produk Lokal UMKM Go Internasional


Tren Bisnis Kecantikan yang Populer


1. Clean Beauty


Di tengah produk kecantikan lokal yang booming, ada beberapa tren bisnis kecantikan yang populer di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya dengan konsep clean beauty, ini muncul untuk merespon permintaan konsumen terhadap produk yang etis dan lebih aman.

Produk kecantikan yang ditawarkan fokus pada formula yang tidak mengandung bahan berbahaya, serta cara produksinya pun ramah lingkungan. Konsep clean beauty tersebut sebenarnya bukan hal yang baru, sering pula dikaitkan dengan istilah ‘eco friendly’ atau ‘sustainable’. Contoh produk dengan konsep ini adalah perawatan wajah dengan kandungan ekstrak tumbuhan dan minyak esensial.

2. Men’s Grooming


Tren kecantikan lainnya yang populer selama beberapa tahun terakhir yaitu men’s grooming. Berbagai inovasi produk perawatan pria mulai bermunculan akhir-akhir ini, tidak seperti dahulu dimana produk perawatan diri cenderung secara eksklusif dipasarkan untuk wanita.

Namun sekarang, perawatan diri juga dilihat dari sudut pandang kebersihan dan kesehatan, tidak lagi hanya dari perspektif gender semata. Hal ini mendorong berbagi brand kecantikan mengembangkan produk untuk pria, karena semua orang berhak untuk merasa dan terlihat lebih baik.

Apalagi setelah pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan diri untuk kepentingan kesehatan semakin meningkat. Sehingga perawatan diri pria pun menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern.

3. Stress-free Cosmetics


Stres bisa disebabkan oleh berbagai hal, termasuk gaya hidup masyarakat urban yang penuh tekanan dan super sibuk. Kondisi stres seperti itu dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang, termasuk kesehatan kulit. Orang yang stres biasanya kondisi kulitnya akan terlihat lebih kusam, muncul jerawat, hingga tanda-tanda penuaan dini.

Dari masalah tersebut, brand kecantikan memiliki inovasi untuk menciptakan produk perawatan diri yang dapat mengatasi masalah kulit akibat stres. Seperti produk perawatan kulit yang mengandung elektrolit, prebiotik, dan antioksidan yang dapat mengatasi berbagai masalah tersebut. Produk skincare anti-stres pun menjadi tren tersendiri yang digemari konsumen.

Itu dia beberapa tren bisnis kecantikan saat ini dengan produk lokal yang semakin bersinar. Anda bisa melihatnya sebagai peluang bisnis untuk meraup keuntungan. Ikuti tren yang ada dan lakukan promosi menarik untuk menarik minat pelanggan.

Selain itu, gunakan sistem point of sale untuk mendukung penjualan offline dan online agar anda dapat lebih menjangkau konsumen. Implementasi kasir pintar akan membuat transaksi dan pengelolaan bisnis menjadi lebih praktis. Apalagi aplikasi kasir terbaik bisa mengotomatisasi tugas-tugas rutin harian. Yuk terapkan!


Baca artikel lainnya: