Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Wajib Coba! Trik Gimmick Marketing untuk UMKM

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Wajib Coba! Trik Gimmick Marketing untuk UMKM

Pernah dengar istilah gimmick? Ternyata gimmick juga bisa digunakan sebagai teknik marketing. Teknik ini ampuh menarik perhatian para audiens terhadap suatu layanan atau produk. Bisa dikatakan gimmin membuat orang mengenal brand dengan cepat dan hemat biaya. Ada beberapa tips gimmick marketing untuk UMKM yang bisa ditiru.


Strategi ini seringkali menunjukkan visual yang lebih unik, kreatif, aneh dan menonjol sehingga menyita perhatian para audiens. Dengan begitu, audiens membicarakannya terus menerus, membagi informasi ke berbagai platform hingga menjadi topik pembahasan. Agar bisnis UMKM anda berhasil menarik perhatian banyak orang, simak penjelasan di bawah ini.

Tips Gimmick Marketing yang Perlu Dicoba UMKM

1. Gendered Branding
Biasanya, perusahaan menerapkan teknik pemasaran sesuai gender dalam menjual produknya. Mereka mengeluarkan produk dengan jenis sama tetapi dengan kegunaan yang berbeda. sehingga, brand memperoleh keuntungan lebih besar dari target pasarnya yang meluas dan tidak hanya terpaut pada gender tertentu saja.

2. Add-on
Tips gimmick marketing untuk UMKM selanjutnya yakni add on dimana perusahaan menambahkan produk brand lain ke produk sendiri. Contohnya, produk makanan croffle yang ditambahkan oreo sebagai topping atau varian rasa. Menambahkan produk lain membuat produk anda menjadi lebih terkenal dan disukai banyak orang.

3. Endorse
Endorse termasuk strategi marketing yang sering digunakan perusahaan dalam mengenalkan produk dan menarik banyak pelanggan baru. Dikenal efektif karena sebagian besar seseorang membeli produk dari ulasan influencer. Akan tetapi, usahakan anda memilih influencer yang tepat dan berpotensi. Anda dapat menambahkan gimmick di brief kepada influencer.

4. Special Event
Special event bisa anda manfaatkan untuk promosi produk. Selain meningkatkan brand image, anda akan memperoleh banyak pelanggan baru. Pada umumnya, brand membuka stand makanan di acara spesial seperti festival, konser, seminar dan sejenisnya. Hal ini dapat mempengaruhi citra dan reputasi brand anda.

5. Koleksi Terbatas
Agar menambah pengalaman belanja, anda mengeluarkan koleksi alternatif dari suatu produk dengan stok terbatas. Produk ini dibuat secara detail dengan perbedaan warna dan detail. Hal ini berhasil memberikan kesan eksklusif dan spesial sehingga calon pelanggan merasa perlu segera membeli dan menambah koleksi barunya.

6. Mystery Box
Gimmick marketing satu ini dilakukan dengan menjual produk dengan adanya mystery box yang berupa bundel produk. Produk misterius ini tidak bisa ditebak oleh pelanggan. Dengan begitu, pelanggan penasaran dan tertarik untuk membeli produk. Jika isinya tidak sesuai harapan, pelanggan akan mendapatkan repeat order hingga berhasil memperoleh keinginannya.

7. Ukuran Kualitas
Banyak perusahaan yang menerapkan gimmick marketing dari ukuran kualitas produk. Contohnya, produk sunscreen untuk wajah dengan kandungan SPF 50%. Kebanyakan, semakin tinggi ukuran kualitas produk, semakin tertarik audiens akan suatu produk tersebut. Hal ini karena menurutnya produk tersebut mampu memberikan manfaat lebih baik daripada produk lain.

8. Desain Produk
Tips gimmick marketing untuk UMKM bisa anda lakukan dengan menonjolkan fitur atau kegunaan produk yang berbeda dari brand lain agar audiens mudah tertarik. Contohnya, produk makanan rice bowl yang lebih menekankan kepraktisan pada makanan dan desain kemasannya sehingga cocok bagi konsumen dengan jadwal yang padat.

Itulah penjelasan mengenai apa saja tips gimmick marketing untuk UMKM yang bisa anda terapkan untuk menarik para audiens. Dengan teknik marketing yang unik, audiens penasaran dengan produk atau layanan anda. Selain menambah pembeli, anda juga dapat membangun citra bisnis atau usaha anda dengan baik. Untuk sistem yang dapat diandalkan dalam kelola usaha, gunakan Olsera yang memiliki banyak fitur untuk dimanfaatkan membuat marketing gimmick Anda. Jika berminat atau membutuhkan informasi lebih lanjut hubungi Tim Olsera.

Baca artikel lainnya: 
Tips Efeketif Kelola Cabang UMKM Tanpa Ribet
Lebih Untung Jualan, Olsera Beri Solusi Cukup Sekali Klik Langsung di Antar! 
Yuk UMKM Beralih Ke Bisnis Digital, Berikut Kelebihannya!