Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

UMKM Indonesia Makin Maju Go Digital Hingga Internasional, Simak Tipsnya!

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
UMKM Indonesia Makin Maju Go Digital Hingga Internasional, Simak Tipsnya!

Apa yang dimaksud dengan UMKM? Dengan pengertiannya ialah usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan ataupun badan usaha yang telah memenuhi syarat sebagai usaha mikro. Kriteria UMKM dibedakan masing-masing sesuai usaha mikro, usaha menengah, dan usaha kecil. Informasi tersebut berdasarkan UU nomer 20 tahun 2008. Banyak cara yang bisa kamu lakukan agar UMKM go digital & go internasional, Indonesia makin maju.


Untuk mengetahui bagaimana jenis usaha yang sedang berlangsung, atau sedang dikerjakan. Kamu perlu memperhatikan kriteria terlebih dahulu, hal tersebut sangat penting untuk pengurusan surat ijin usaha kelak. Dan untuk kedepannya agar mempermudah menentukan besaran pengeluaran untuk pajak yang dipertanggung jawabkan oleh pemilik UMKM. Dan kamu bisa mencoba agar UMKM go digital & go internasional, Indonesia makin maju untuk kedepannya.

Berikut Beberapa Cara Agar UMKM Go Digital & Go Internasional, Indonesia Makin Maju!

1. Analisislah Minat dan Persaingan

Cara penelitian ini sangatlah membantu untuk mengetahui, apakah ada minat orang mancanegara dengan produk indonesia. Atau mungkin layanan yang kamu berikan bisa menarik hati pasar internasional tersebut. Selain itu, kamu harus mengidentifikasi pesaing yang sudah berada di pasar tersebut. Mengapa? Karena agar UMKM go digital & go internasional, Indonesia makin maju dengan mempelajari bagaimana strategi pemasarannya.

2. Mempelajari Bahasa Asing

Komunikasi memang adalah hal yang utama, jika kamu ingin agar UMKM go digital & go internasional, Indonesia makin maju. Mempelajari bahasa, terutama bahasa inggris sebagai bahasa internasional memang diperlukan. Agar kamu dan pembeli bisa faham apa yang dibicarakan, dan apa yang diinginkan pembeli. Selain itu, karena memang bahasa inggris sudah menjadi bahasa umum yang dipergunakan di bisnis internasional.

3. Gunakanlah Media Sosial

Penggunaan media sosial adalah salah satu cara agar UMKM go digital & go internasional, Indonesia makin maju. Promosikan produk, dan layanan yang kamu miliki melalui jalur media sosial, dimana pembeli dari berbagai negara bisa melihatnya. Media sosial yang bisa kamu gunakan antara lain seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dan lain sebagainya. Buatlah akun yang semenarik mungkin, dan postinganmu haruslah memiliki ciri khas agar terkesan unik dan memiliki daya tarik tersendiri.

4. Gunakan Platform E-Commerce

Penggunaan platform e-commerce agar UMKM go digital & go internasional, Indonesia makin maju di toko online lazada, tokopedia, shopee memang sangat bisa menjanjikan. Banyak pedagang luar dan dalam negeri yang menggunakan platform tersebut untuk berjualan. Tapi ingat, kamu harus membaca dan memahami persyaratan yang berlaku sebelum memulai bisnis online tersebut. Buatlah desain toko online yang banyak diminati pengunjung online semenarik mungkin.

5. Gunakan Aplikasi Pembayaran Online.

Memang pembayaran adalah hal yang sensitif di berbagai platform penjualan. Kamu bisa menawarkan pembayaran online agar memudahkan pembeli di e-commerce bisa leluasa membayar tanpa kesulitan. Cara tersebut bisa mendorong agar UMKM go digital & go internasioal, Indonesia makin maju dengan cepat. Karena memang pembeli Internasional selalu mengkhawatirkan masalah pembayaran.

Bagaimana? Beberapa penjelasan tersebut sudah bisa kamu fahami dan mengerti. Untuk membuat agar UMKM go digital & go internasional, Indonesia makin maju memanglah memerlukan pengetahuan dan semangat yang besar. Kamu perlu berkorban demi masa depan yang cerah untuk UMKM Indonesia kedepannya. Jangan takut gagal, dan berusahalah lagi, tanpa kenal lelah dan pantang menyerah. Untuk mulai usaha kamu go digital, gunakan sistem manajemen bisnis Olsera  yang bikin Untung Lebih. 

Baca artikel lainnya di sini
- Cara Bangun Citra Positif Agar Melekat di Hati Konsumen UMKM
- UMKM Ingin Dapat Kepercayaan Pelanggan? Simak Tipsnya!
- Menjanjikan! Ide Usaha Laris Manis Awal Tahun