Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Trik Kelola UMKM Optimal Agar Untung Maksimal di Zaman Serba Instan

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Trik Kelola UMKM Optimal Agar Untung Maksimal di Zaman Serba Instan

Apa sih yang diinginkan dari pemilik usaha? Tentunya bisnis yang berkembang dan bisa bertahan di gempuran zaman yang serba instan. Tapi apa yang harus dilakukan oleh pengusaha? Bagaimana cara kelola usaha optimal agar dapat untung maksimal? Ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan usaha paling dasar. 


Ketika melakukan kegiatan usaha, baik Anda ingin mengembangkan atau menjalankan informasi berikut bisa jadi bekal untuk memulai. Kuncinya bukan hanya dari keuangan saja, tapi juga strategi, pemahaman, hingga pemasaran, inovasi, dan sumber daya. Maksudnya apa? Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.  

Cara mengelola usaha yang bisa dicoba 

1. Pahami Jenis Usaha Dan Kompetitor Bisnis 

Yang pertama tentu Anda harus paham dengan bisnis yang dikerjakan. Kenali dengan baik apakah Anda memiliki kemampuan dibidang tersebut, potensi, hingga keahlian dalam membuat bisnis tersebut. Tapi bukan berarti tidak boleh. Jika Anda paham, mengerti, dan mampu menjalankan usaha, maka besar potensi untuk pengembangannya.

Selain dari kemampuan diri, kenali juga kompetisi bisnisnya. Setiap bisnis tentu memiliki kompetitor. Baik itu lebih besar atau kecil, lebih baik Anda paham agar bisa membuat strategi yang tepat. Strategi apa? Bisa mencakup strategi bisnis, pemasaran, keuangan, hingga produk itu sendiri. 

2. Pastikan Biaya Dan Modal Usahanya 

Mengenal bisnis secara keseluruhan termasuk dengan biaya dan modal usaha yang akan digunakan. Kenyataannya cara kelola usaha optimal agar dapat untung maksimal itu banyak berkaitan dengan keuangan. Jadi perlu melakukan akuntansi dan perhitungan keuangan yang tepat agar bisa mendapatkan keuntungan berlimpah dari modal yang dikeluarkan.  

3. Persiapkan Strategi Kerja 

Strategi kerja atau strategi operasional bisa mencakup banyak hal. Termasuk di antaranya adalah SOP, model jualan, pengembangan produk, pelayanan, dan karyawan. Strategi ini juga harus sesuai dengan kemampuan bisnis, kebutuhan pasar, serta kondisi usaha. Jadi Anda tidak memaksakan usaha yang justru akan beresiko rugi. 

4. Terus Siapkan Inovasi 

Di zaman yang serba cepat, instan, dan tersedia, suatu usaha harus berani membuat inovasi. Inovasi bisa saja dalam bentuk produk yang bernuansa unik atau baru. Tapi bisa juga dengan menggunakan tema dan merangkul perubahan zaman. Inovasi pun tidak hanya dari produk, tapi juga dari layanan hingga sumber daya. Apakah bisnismu sudah update?   

5. Tingkatkan Promosi Dan Pelayanan 

Cara kelola usaha optimal agar dapat untung maksimal selanjutnya adalah peningkatan promosi dan pelayanan. Promosi bakal jadi kunci pengembangan, pemasaran, dan cara menarik konsumen. Dan tentunya agar konsumen bertahan dan menjadi pelanggan tetap, maka perlu memperhatikan pelayanannya. 

Pelayanan bisnis bisa dikatakan sebagai wajah dari usaha itu sendiri. Dalam artian lain, pelayanan yang baik akan berkaitan dengan kepuasan konsumen dan pelanggan. Seperti apa bentuknya? Bisa dari bentuk produk, promosi yang baik, hingga pelayanan yang lebih ramah, hingga respon bisnis yang baik.  

6. Tingkatkan Sumber Daya 

Sumber daya itu tidak hanya pekerja, tapi juga teknologi dan fasilitas. Agar bisa mengikuti zaman dan meningkatkan pelayanan, pertimbangkan produk berupa Sistem POS. Kenapa? Sistem POS tidak hanya membantu kebutuhan pencatatan transaksi, tapi bisa juga memberikan laporan dan banyak fitur jual beli. 

Produk Olsera jadi rekomendasi. Terdapat banyak opsinya dengan fitur yang berbeda. Produk Olsera Pro jadi deal paling baik karena menawarkan lebih banyak fitur lengkap. Ajarkan staff untuk menggunakan POS agar bisnis lebih optimal.

Sebagai pemilik bisnis, perkembangan zaman memang menjadi tantangan untuk meningkatkan bisnis. Cara kelola usaha optimal agar dapat untung maksimal ini bisa bantu bisnis untuk menyongsong perubahan. Terutama dengan bantuan sistem manajemen bisnis terkini, Olsera PRO. Anda mendapatkan sebuah sistem yang lebih dari POS, selain itu bisa membuka toko online yang membuat kelola usaha makin untung.  Jadi tunggu apa lagi? 

Baca artikel lainnya