Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Tantangan Bisnis Digital Bagi UMKM & Trik Atasinya

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Tantangan Bisnis Digital Bagi UMKM & Trik Atasinya

Hidup sedang susah susahnya, jangan sampai tambah berat karena bisnis digital kurang lancar. Walau kenyataannya menjalani bisnis itu tidak mudah, tapi bukan berarti tidak ada caranya. Yang pertama, kenali tantangan bisnis digital dan cara atasinya. Nantinya Anda bisa menyesuaikan diri dengan tugas dan tuntutan bisnis yang semakin gencar.

Di artikel ini ada beberapa hal yang bisa jadi acuan tentang tantangan atau masalah yang kerap terjadi di era bisnis digital. Kesannya memang mudah, tapi ternyata dunia bisnis ini cukup keras. Beruntungnya, pasti ada cara untuk mengatasinya. Tidak perlu bingung, simak dulu informasi berikut!

Beberapa Tantangan Bisnis Terbesar di Dunia Digital Kini


1. Persaingan yang Semakin Keras


Persaingan di dunia bisnis digital akan terasa semakin keras. Banyak sisi yang akan mempengaruhi, baik itu dari jumlah kompetitor, harga, hingga perubahan zaman. Setiap hal punya nilai kompetitifnya masing masing. Ditambah lagi dengan meningkatnya kesadaran dan penggunaan teknologi. Semuanya akan semakin sulit.

Contoh yang paling mudah adalah pergerakan market ke dunia digital. Anda bisa saja ikut bisnis digital, tapi hal yang sama juga akan dilakukan banyak toko fisik. Disini Anda harus lebih cermat memilih strategi, mempercepat kinerja, teknologi, dan juga penawaran. Dengan begitu Anda bisa mengikuti atau melawan persaingan.

2. Kompetisi dan Proses yang Serba Cepat


Tantangan bisnis digital dan cara atasinya yang perlu diwaspadai adalah kompetisi dan proses kerja yang serba cepat. Dunia digital memberikan kemudahan, termasuk diantaranya kecepatan proses kerja. Jangan sampai Anda tertinggal. Baik itu dalam proses jual beli, pemilihan katalog, sampai sinkronisasi antar lini. Jika sanggup, Anda pun bisa bersaing dengan kompetitor.

3. Tidak Bisa Ikuti Zaman dan Kurang Inovasi


Perangkat lemot, produksi dan kinerja bisnis begitu begitu saja. Sudah jelas, Anda akan tertinggal. Disinilah pemilik bisnis harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan pasar. Apakah butuh teknologi baru? Produk baru? Proses penjualan baru? Salah satu jawabannya adalah penggunaan media digital.

Anda mungkin harus turun dan mencoba strategi pemasaran. Ubah yang manual menjadi digital yang dianggap lebih efisien dan praktis. Mungkin saja menggunakan software akuntansi, mesin kasir, sistem cloud, atau lain lain. Di era digital, tanpa adanya inovasi Anda pun akan tertinggal. Bahkan nama bisnis besar pun bisa mati jika tidak ada perubahan.

4. Salah Pakai Strategi


Strategi yang salah biasanya terjadi karena hanya memikirkan keuntungan sekejap. Tantangan bisnis digital dan cara atasinya yang satu ini sebaiknya segera diperbaiki. Ingat jika dunia digital itu tidak terbatas dan memiliki jangka waktu yang panjang. Jadi perlu adanya strategi berkelanjutan untuk membuat bisnis tetap eksis.

Maksudnya apa? Sebagai contoh adalah menggunakan website digital. Percayalah bahwa Anda perlu melakukan strategi pemasaran secara terus menerus. Jangan sampai berhenti disitu saja, karena kompetitor pun bisa mengalahkan bisnis Anda jika mulai tertinggal. Dalam dunia bisnis, engagement itu penting. Dan di dunia digital harus terus dilakukan.

5. SDM Kurang Mampu Mengikuti Teknologi


Masalah yang terakhir adalah SDM yang kurang mampu menjalankan teknologi terkini. SDM ini punya pengaruh besar dalam bisnis. Baik SDM itu adalah diri Anda sendiri atau pekerja, pastikan Anda punya ilmu yang tepat. Jangan sia siakan pelatihan. Tetap perkuat ilmu dan kembangkan SDM dan menciptakan ekosistem yang baik agar pekerja nyaman dan membuat bisnis lancar.

Tantangan bisnis digital dan cara atasinya memang harus menjadi bekal para pengusaha. Yang perlu diingat adalah teknologi dan dunia digital itu akan selalu berkembang. Jadi tidak bisa diam begitu saja. Pilihannya adalah bertahan tapi tertinggal atau tetap update untuk terus sesuai. Karena itulah, pilih produk dan teknologi yang tepat untuk mendukung bisnis. untuk sistem manajemen bisnis yang bisa mendukung bisnis Anda beralih ke digital dapat menggunakan Olsera. Hubungi Tim Olsera untuk informasi lebih lanjut.