Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Rahasia Liburan Nyaman Bisa Pantau Usaha Dimana Saja

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Rahasia Liburan Nyaman Bisa Pantau Usaha Dimana Saja

Ingin liburan tapi bingung dengan usaha? Kabar baiknya, kamu masih bisa membuka usaha kapanpun dimanapun. Bahkan, kamu dapat memantaunya dengan baik sambil liburan atau pergi ke luar kota. Di zaman serba teknologi ini, kamu bisa memanfaatkan media sosial, website, blog gratis dan aplikasi untuk mendukung kegiatan usaha.


Sayangnya, hanya beberapa pebisnis yang memanfaatkan peluang ini dengan baik. Sebab, kebanyakan mereka tidak paham atau mengenalinya sehingga tidak mendapatkan keuntungan yang cukup dari penjualan digital. Untuk mengetahui bagaimana caranya, simak penjelasan di bawah ini.

Tips dan Trik Memantau Usaha Online saat Liburan

1. Sesuaikan Tema Liburan

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yakni menyesuaikan toko offline dengan tema hari libur pada saat itu. Contohnya, pada bulan Ramadhan, kamu dapat mendekor toko dengan aksesoris berbau Islami dengan mengedit foto atau poster mengenai produk dengan beberapa ketupat atau pita hijau sebagai hiasan.

Jika kamu juga berencana untuk liburan di momen spesial, kamu bisa mempromosikan produk melalui sosial media atau artikel. Misalnya, starter pack untuk liburan dengan produk yang ditawarkan pada konten. Selain bermanfaat, informasi tersebut akan menjadi sarana untuk menjangkau banyak audiens dan calon pembeli.

2. Pilih Aplikasi yang Tepat

Dengan teknologi, hampir semua hal menjadi mudah seperti mengatur usaha dari jauh hanya dengan sentuhan jari. Agar lebih mudah, ketahui apa saja aplikasi yang membantu usaha online. Salah satunya yakni Olsera yang menyediakan berbagai fitur jualan dan transaksi yang praktis dan cepat.

3. Tentukan Waktu

Pastinya, pebisnis online memiliki waktu kerja yang berbeda dengan pekerja lainnya karena tidak perlu bekerja dari pagi hingga sore atau malam. Kamu hanya perlu meluangkan waktu beberapa jam saja dimanapun untuk mengoperasikan bisnis. Dalam hal ini, kamu perlu menentukan waktu untuk memantau bisnis di tengah liburan seperti pukul 11.00-12.00 sehingga kamu memiliki ritme bekerja yang pas.

4. Waspada terhadap Masalah

Sebelum jalan-jalan, ketahui apa saja kendala atau masalah mengenai bisnis online yang mungkin diperoleh nantinya. Contohnya, koneksi sinyal yang buruk karena berada di desa atau tempat pelosok. Maka dari itu, kamu perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai sinyal internet dan cari tahu lokasi terdekat dengan jaringan yang memadai.

5. Transparansi dengan Pelanggan

Salah satu kunci mengatur usaha saat pergi liburan yakni transparansi dengan pelanggan. Setelah menentukan tanggal untuk liburan, sebaiknya bagikan informasi tersebut kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan tahu bahwa kamu ingin rehat sejenak dari bisnis atau tetap menjalankan bisnis sambil jalan-jalan.

Namun, sangat disarankan untuk menggunakan jasa asisten yang siap membantu kamu saat tengah liburan. kamu bisa memilih teman, saudara, keluarga, kolega atau lainnya untuk mengambil alih tugas di toko offline atau berbicara dengan calon pembeli melalui komputer. Sehingga, pastikan bahwa ia memiliki kemampuan mengoperasikan gadget atau komputer dengan baik.

6. Cari Inspirasi

Meski tengah jalan-jalan, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan inspirasi dari lingkungan sekitar. Bahkan, kamu dapat mempelajari banyak hal selama liburan sehingga kamu dapat mengembangkan usaha lebih jauh lagi. Selain tempat, hal ini juga bisa datang dari orang-orang yang baru saja dijumpai.

Demikian penjelasan mengenai rahasia memantau usaha online saat liburan. Bisa disimpulkan bahwa bisnis online bisa dikerjakan dimanapun asalkan kamu menerapkan strategi yang baik dan benar sebelum berangkat. Pastikan kamu mengenali masalah internet di lokasi wisata, mengedit tema produk, dan mengatur jadwal terlebih dahulu. Selain itu gunakan aplikasi kasir all-in-one Olsera yang dapat bantu pantau usaha dari mana saja, bahkan saat liburan. Hubungi tim Olsera untuk mengetahui informasi lebih lanjut. 

Baca artikel lainnya di sini
- Toko Oleh-Oleh Laris Manis Saat Arus Mudik, Ini yang Pelanggan Butuhkan!
- Simak Kampanye Marketing Ampuh Saat Lebaran!
- Rahasia Praktis Kelola Resto Penuh Reservasi Saat Momen Silaturahmi Idul Fitri