Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Perbedaan Affiliate Marketing dan Reseller

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Perbedaan Affiliate Marketing dan Reseller

Bagi Anda yang merasa kurang dalam hal penghasilan, maka bisa mencoba untuk mendapatkan tambahan dengan menjadi affiliate marketing. Dengan menjadi affiliate ini, maka Anda tidak perlu membuka usaha sendiri dan hanya perlu merekomendasikan produk atau layanan dari jasa terkait saja. Apakah Anda tertarik untuk mengikutinya?

Saat ini, masih banyak yang belum memahami pengertian dan perbedaan antara affiliate dengan reseller. Jika dipahami secara sekilas, keduanya memang tampak sama. Namun dari segi mekanisme yang diperlukan sangatlah berbeda. Untuk bisa memahaminya secara lebih mendalam, simak ulasan terkait perbedaan affiliate dengan reseller berikut ini!


Perbedaan Affiliate Marketing dan Reseller

1. Secara Pengertian

Jika dilihat dari pengertiannya, Affiliate diartikan sebagai individu atau perusahaan yang mempunyai hubungan bisnis dengan perusahaan lain dan berkesempatan untuk mempromosikan produk atau layanan dari suatu perusahaan. Dari hasil promosi tersebut, seorang affiliator akan mendapatkan komisi sesuai dengan pekerjaan yang telah dilakukan.

Affiliate marketing diartikan juga sebagai suatu cara umum yang paling efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan secara online. tugas seorang affiliator hanyalah membagikan link atau tautan untuk mengarahkan pengguna baru pada penawaran afiliasi. Setiap bisnis berkesempatan untuk membuat program affiliate sendiri untuk mendapatkan prospek dan pelanggan baru yang potensial.

Sedangkan untuk reseller dapat diartikan sebagai suatu bisnis atau perseorangan yang menjual produk kepada pelanggannya sendiri. Reseller biasanya akan diberikan akses ke produk perusahaan dengan harga diskon dan kemudian reseller diberikan kesempatan menaikkan harga dan menjualnya kepada pelanggan. Cara ini merupakan langkah untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih banyak!

2. Sistem Kontrol

Jika Anda menjadi seorang affiliator maka biasanya kurang memiliki kendali terkait dengan penjualan produk dan hanya mendapatkan komisi untuk mempromosikan produk saja. Mitra affiliate umumnya tidak membeli atau menjual produk secara langsung kepada pelanggan namun mendapatkan komisi pada setiap penjualan yang dihasilkan melalui tautan khusus yang ada di situs web perusahaan.

Tentu reseller berbeda dengan affiliate marketing karena disini, reseller mendapatkan tingkat kontrol lebih besar terkait dengan penjualan produk dan bertanggung jawab untuk menjual produk secara langsung. Reseller berkesempatan membeli produk perusahaan secara langsung dengan harga grosir dan kemudian menjualnya kepada pelanggan dengan harga lebih tinggi.

3. Sistem Kerja

Perusahaan tentunya memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk melakukan pengembalian produk dan uang. Namun seorang affiliate hanya akan diberikan komisi atas penjualan produk saja tugas dari seorang affiliate yaitu mempromosikan produk melalui tautan atau link yang diarahkan pada pembelian. Apakah Anda tertarik mengikutinya?

Disisi lain, reseller bertanggung jawab untuk memberikan dukungan pelanggan dan juga menangani setiap pengembalian atau pengembalian uang. Bisa dikatakan bahwa reseller masih berpotensi mengalami kerugian apabila ada ketidakcocokan pada produk yang dibeli pelanggan. Dalam hal ini, menjadi affiliate menjadi rekomendasi terbaiknya.

4. Keunggulannya

Affiliate marketing menggunakan istilah kode referal yang memberikan daya tarik tersendiri bagi audiens atau calon konsumen untuk bisa mendapatkan harga produk yang lebih murah. Sedangkan keuntungan menjadi reseller yaitu mendapatkan selisih harga jual dan beli sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih besar. Anda tertarik dengan yang mana?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu alternatif pilihan terbaiknya yaitu dengan mengikuti bisnis dalam bidang affiliate marketing atau reseller. Namun jika Anda ingin mendapatkan resiko yang lebih kecil, amka pilihan terbaiknya yaitu affiliate marketing. Anda bisa mencobanya di Olsera Affiliate dengan menjalankan bisnis tanpa modal! Caranya rekomendasikan produk Olsera ke rekan bisnis Anda selanjutnya menunggu tim Olsera yang lanjut handle. Ups, sebelumnya daftar dahulu ya dengan Hubungi Tim Afiliasi Olsera ya.