Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Pentingnya Promosi di Media Sosial Agar UMKM Untung

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Pentingnya Promosi di Media Sosial Agar UMKM Untung

Tidak hanya untuk komunikasi, Anda bisa memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan transaksi jual beli produk. Bagi bisnis UMKM, dapat memilih untuk memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk melakukan promosi produk jual. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui pentingnya promosi UMKM di Media Sosial yang baik. 

Pesatnya perkembangan media sosial mampu membawa perubahan yang besar bagi masyarakat. Era digital ini mampu mampu mengubah cara berkomunikasi, berinteraksi dan mengelola informasi. Salah satu produk digital yang paling banyak dimanfaatkan saat ini yaitu penggunaan media sosial. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial ini.

Mengapa Promosi UMKM di Media Sosial Dianggap Penting?

1. Mengurangi Biaya Produksi

Berdasarkan data yang diketahui, sekitar 84% pembeli produk saat ini mencari informasi produk melalui media sosial. Melalui media sosial, Anda bisa lebih menjangkau banyak pengikut dengan menyediakan konten menarik dan promosi melalui media sosial. Pemanfaatan ini dianggap penting karena mampu mengurangi biaya produksi.

Bisa dikatakan bahwa pengikut media sosial merupakan calon pembeli baru yang bisa menguntungkan bisnis. Penggunaan media sosial ini juga bisa digunakan dengan bebas tanpa dikenakan biaya. Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk bisa mempromosikan bisnis tanpa menyiapkan biaya produksi promosi.

Melakukan promosi dengan menggunakan media sosial ini juga mampu memberikan dampak terhadap peringkat hasil mesin pencarian. Tingkatkan potensi penjualan dengan memanfaatkan banyak media sosial seperti instagram, facebook dan lainnya. Jangan sampai Anda melewatkan pentingnya promosi UMKM di media sosial yang satu ini!

2. Menjangkau Pelanggan Baru yang Lebih Luas

Dengan menggunakan media sosial ini, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini kemungkinan bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru lebih banyak dari berbagai wilayah. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan media sosial dengan menambah pengikut untuk meningkatkan ulasan positif bagi bisnis yang dijalankan.

Dengan menggunakan cara ini maka calon pelanggan bisa mengetahui kualitas produk yang ditawarkan. Anda bisa memilih melakukan pendaftaran bisnis melalui platform Google bisnis. Platform ini akan membantu mempromosikan bisnis melalui hasil pencarian google dan google maps. Banyak manfaat yang diperoleh dari memahami pentingnya promosi UMKM di media sosial ini!

3. Bisa Diakses Selama 24 Jam

Sangat disayangkan jika Anda memiliki bisnis UMKM namun tidak memanfaatkan keberadaan media sosial ini. ketika akun bisnis memiliki banyak pengikut di media sosial, maka Anda bisa menjadikannya sebagai wadah untuk mempromosikan bisnis. Ketika menjalankan bisnis offline saja, tentu Anda memiliki waktu terbatas untuk memberikan layanan pemesanan.

Namun hal tersebut akan berbeda ketika Anda memilih untuk melakukan bisnis melalui media sosial yang bisa diakses selama 24 jam. Seperti yang diketahui bahwa media sosial tidak menerapkan batas waktu untuk bisa mengakses berbagai konten. Dengan begitu maka Anda bisa tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan kapanpun dan dimanapun.

4. Meningkatkan Skala Bisnis

Pentingnya promosi UMKM di media sosial yang terakhir yaitu mampu meningkatkan skala bisnis. Dengan begitu maka Anda bisa melakukan kolaborasi dengan calon mitra atau bisnis lain. Melalui cara ini maka bisnis akan terus mengalami perkembangan dan semakin dikenal dengan luas. Pastikan Anda mempersiapkan strategi yang tepat untuk mencapai kesuksesan.

4 hal yang disebutkan diatas merupakan keuntungan yang bisa didapatkan dari pemanfaatan media sosial. Namun perlu diketahui bahwa manfaat tersebut akan bisa didapat jika dilakukan dengan menggunakan strategi yang tepat. Agar bisa mengoptimalkan pemanfaatan media sosial tersebut, Anda bisa memilih usaha menggunakan Olsera, untuk keunggulannya Anda dapat menghubungi Tim Olsera.

Artikel lainnya yang menarik:
Wajib Coba! Trik Gimmick Marketing untuk UMKM
Tips Efeketif Kelola Cabang UMKM Tanpa Ribet
Lebih Untung Jualan, Olsera Beri Solusi Cukup Sekali Klik Langsung di Antar!