Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Manfaat Chat Commerce untuk UMKM, Siap Respon Pelanggan Kapanpun!

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Manfaat Chat Commerce untuk UMKM, Siap Respon Pelanggan Kapanpun!

Pernah dengar chat commerce? Akhir-akhir ini, chat commerce sering dijumpai di berbagai toko online, media sosial dan platform komunikasi lainnya. Layanan pesan ini berfungsi untuk melakukan interaksi serta transaksi antara penjual dan pembeli secara online. Bisa dibilang bahwa jenis layanan ini telah menjadi terobosan baru di dunia bisnis modern.

Dengan chat commerce, pelanggan dan penjual dapat terhubung secara langsung. Selain memfasilitasi transaksi, layanannya memberikan banyak manfaat bagi penjual khususnya UMKM seperti meningkatkan penjualan. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai keuntungan penggunaan chat commerce, yuk intip penjelasan di bawah ini.

Keuntungan Chat Commerce bagi UMKM

1. Layanan Manual

Chat commerce telah dilengkapi dengan layanan bot yang mampu memudahkan pelanggan dalam mencari informasi mengenai produk serta rekomendasi sesuai preferensinya. Sehingga, penjual dapat memberikan pengalaman belanja yang menarik bagi pembeli tanpa membutuhkan modal yang banyak.

Jika pelanggan ingin bertanya lebih detail, mereka bisa berinteraksi dengan admin secara langsung. Fleksibilitas inilah yang memudahkan penjual dalam menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. Layanannya antara bot dan manualnya juga saling melengkapi sehingga kepuasan pelanggan semakin meningkat.

2. Percepat Pemesanan dan Pengiriman

Dengan chat commerce, pemesanan produk melalui obrolan bisa dilakukan secara langsung. Hal inilah yang mempercepat proses pemesanan tanpa perlu antri atau menunggu lama hanya demi berpindah ke platform atau situs lain. Di samping itu, status pesanan juga terkoordinasi dengan baik sehingga pengiriman berjalan semakin optimal.

3. Keuntungan Meningkat

Perlu diketahui bahwa volume obrolan yang didukung chat commerce dapat meningkatkan jumlah penjualan. Tidak hanya satu, tetapi layanan ini juga dapat menjawab lebih dari 1 pertanyaan sekaligus. Sehingga, pelanggan semakin tertarik untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Bahkan, pembeli akan memperoleh rekomendasi melalui chat secara langsung sesuai kebutuhannya.

4. Loyalitas Pelanggan

Chat commerce juga mampu meningkatkan hubungan yang baik antara pelanggan dan penjual sehingga penjual mendapatkan lebih banyak loyalitas pembeli. Hal ini karena didukung oleh interaksi positif mengenai produk atau merek. Mereka merasa dihargai dengan proses penanganan yang cepat.

5. Analisis Interaksi secara Efektif

Seperti yang diketahui bahwa chat commerce memberikan pengalaman terbaik dalam memperoleh informasi sesuai kebutuhan bagi pelanggan. Bahkan, kamu sebagai penjual juga bisa memanfaatkannya sesuai produk yang ditawarkan. Bahkan, kamu dapat memantau obrolan pelanggan secara real time untuk mengidentifikasi interaksi positif dan negatif.

Dalam hal ini, filter obrolan untuk memilih bahasa atau perilaku tertentu yang diinginkan agar tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum tertentu. Adapun pilihan alternatifnya yakni dengan menggunakan chat moderation untuk mengatur interaksi agar lebih positif dan menghindari hal-hal yang buruk terjadi.

6. Terhubung di Segala Channel

Manfaat chat commerce selanjutnya yakni penjual tidak perlu membalas chat atau obrolan pelanggan dengan membuka semua channel usaha satu per satu. Hal ini karena semuanya telah terhubung mulai dari marketplace, social commerce hingga website sehingga obrolan pelanggan akan terbalas secara cepat.

Semua pesan pun bisa diakses sekaligus di dalam satu dashboard sehingga pelanggan tidak perlu menunggu balasan lama dari penjual. Berkat fitur auto reply, chat konsumen dijawab dulu dengan cepat dan otomatis. Balasannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan penjual.

Itulah apa saja keuntungan dari penggunaan chat commerce bagi UMKM yang perlu diketahui sebelum menerapkannya. Bisa disimpulkan bahwa layanan obrolan ini dapat menjawab berbagai pertanyaan konsumen dengan manual dan efektif. Penjual juga bisa menawarkan berbagai promo, produk atau layanan menarik melaluinya. Untuk menggunakan layanan chat commerce Anda juga bisa memanfaatkan fitur di sistem kasir, gunakan Olsera Pro untuk fitur tambahan menarik lainnya! Hubungi tim Olsera untuk informasi lebih lanjut.

Yuk cek artikel menarik lainnya di sini!
- Rahasia Liburan Nyaman Bisa Pantau Usaha Dimana Saja
- Buka Minimarket Anti Boncos, Ini Triknya!
- Punya Bisnis UMKM? Ini Tips Tingkatkan Omzetnya!