Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Apa itu Affiliate Marketing? Berikut Cara Kerjanya!

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Apa itu Affiliate Marketing? Berikut Cara Kerjanya!

Di era digital ini, metode promosi dan pemasaran semakin berkembang sehingga melahirkan bisnis online baru seperti affiliate marketing. Jenis usaha ini semakin populer bagi sejumlah perusahaan dan content creator sehingga keduanya dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.


Dengan bergabung di affiliate marketing, ada banyak keuntungan yang diperoleh seperti tidak terikat waktu dan tempat, tidak memiliki target, hingga bebas modal. Bisa dibilang bahwa program ini cocok bagi Anda yang aktif di sosial media. Berikut cara kerja affiliate marketing lebih jelasnya.

Cara Kerja Affiliate Marketing

1. Daftar

Bagi yang masih belum mengerti apa itu affiliate marketing, perlu diketahui bahwa program ini menyediakan jasa promosi produk atau jasa dari sebuah brand atau perusahaan untuk memperoleh komisi dari setiap pembelian. Besaran komisi yang diterima juga beragam sesuai persentase harga jual produk.

Pada umumnya, komisi dihitung dari penjualan tetapi ada juga yang dilihat dari klik ke website, pengguna free trial, unduh aplikasi dan leads. Strategi inilah yang efektif meningkatkan penjualan. Jika Anda ingin bergabung sebagai afiliator, segera daftar program affiliate marketing pada website perusahaan yang dipilih.

Ketik “Affiliate marketing *brand*” dan Anda akan diarahkan menuju halaman pendaftaran affiliate. Setelah itu, Anda akan memperoleh link afiliasi yang terdiri dari ID affiliate. ID inilah mencatat semua transaksi yang masuk. Usahakan Anda memilih program afiliasi yang terbaik dan pilihlah produk yang sesuai dengan niche dan audiens, persentase komisi dan pencairan komisi.

Sangat penting untuk memahami audiens sebelum daftar sehingga Anda perlu melakukan riset untuk mencari tahu pertanyaan yang sering diajukan terkait produk tersebut. Dengan begitu, Anda bisa membuat konten dan rekomendasi produk sesuai permintaan yang menjawab rasa penasaran audiens.

2. Bagi Link Afiliasi

Link afilitas dapat dibagikan melalui blog, website, Tik Tok, Instagram, Twitter atau sosial media untuk disebarkan ke orang-orang terdekat. Contohnya, Anda membuat konten OOTD di TikTok dan cantumkan link pembelian celana, tas, kemeja atau sepatu. Bagikan juga link afiliasi melalui kolom komentar. Atau biasa disebut link refferal

3. Pengunjung Klik Link dan Beli

Jika dirasa konten Anda menarik dan penonton ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan, ia akan mengklik link pembelian. Ia akan diarahkan menuju halaman produk untuk melakukan pembelian. Setiap kegiatan transaksi yang masuk inilah dicatat oleh affiliate network.

4. Pembelian Dikonfirmasi

Setelah pengunjung melakukan transaksi, penjual mengkonfirmasi pembelian dan memproses produk untuk dikirim ke pembeli sesuai alamat yang dicantumkan. Dari hasil penjualan itulah, afiliator memperoleh komisi dari setiap produk. Besaran komisi yang diperoleh juga berbeda-beda sesuai dengan tawarannya.

Contohnya, produk A menawarkan komisi 5% per produk. Ada juga yang menawarkan komisi hingga 20% setiap produknya. Anda bisa mencari tahu dan mempelajari mengenai sistem affiliate marketing suatu perasaan dan produk yang ditawarkannya terlebih dahulu. Dapat dikatakan bahwa semua tergantung dengan program afiliasi yang diikuti.

Kemudian, komisi yang diperoleh akan dicairkan melalui rekening Anda berupa uang digital. Perlu diketahui juga bahwa ada sejumlah perusahaan yang menentukan persyaratan capaian komisi agar bisa dikirimkan ke rekening pribadi Anda. Jika jumlah komisi masih belum tercapai, pengiriman akan ditunda dan menunggu sampai komisi mencapai atau melebihi kriteria.

Itulah cara kerja sistem affiliate marketing yang perlu diketahui sebelum bergabung. Dapat disimpulkan bahwa sangat mudah untuk bergabung sebagai afiliator. Selain bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun, Anda juga tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Salah satu perusahaan yang menawarkan jasa affiliate marketing dengan komisi tinggi yakni Olsera Affiliate. Yuk daftar sekarang dengan menghubungi Min Sera!

Baca artikel Olsera lainnya:
- Perbedaan Affiliate Marketing dan Reseller
- Usaha Sampingan Yang Bisa Dilakukan Dimana Saja
- Untung Lebih dengan Memanfaatkan Usaha Online, Berikut Alasannya!