Kembali
Tips & Berita Usaha Terkini

Bisnis Stationery Makin Menjanjikan? Ambil Momen Back to School!

Oleh Edelin
Share
Copy
asdasd
Bisnis Stationery Makin Menjanjikan? Ambil Momen Back to School!

Bisnis stationery, ATK atau alat tulis ternyata juga bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Sebab, usaha alat tulis termasuk jenis usaha konvensional. Selain di sekolah, usaha ini juga diincar oleh para pekerja kantoran sehingga memiliki tingkat permintaan yang cukup tinggi.


Bisa dibilang bahwa target pemasaran bisnis ini ialah anak sekolah sekaligus pegawai kantoran. Disamping itu, kamu juga bisa menjalankan usaha dengan skema B2B atau business to business dengan menyuplai beberapa perusahaan. Untuk mengetahui peluang bisnis stationery lebih dalam, yuk cermati informasi berikut.

Alasan Kenapa Bisnis ATK Berpeluang Besar

1. Segmen Pasar Luas

Seperti yang diketahui bahwa bisnis alat tulis dapat menjangkau segmen pasar yang sangat luas. Terlebih lagi, setiap jenis pengusaha tentunya membutuhkan penggunaan peralatan tulis setiap harinya. Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan media sosial atau aplikasi penjualan online.

Sementara itu, untuk toko fisiknya, carilah lokasi yang strategis untuk dijadikan sebagai toko ATK. Kamu bisa memilih lokasi sekitar perkantoran, pabrik, universitas atau sekolah. Akan semakin baik jika berada di lokasi yang padat akan kawasan produktivitas. Sebab, kebanyakan pekerja atau pelajar membutuhkan alat tulis untuk mendukung kinerjanya.

2. Modal Kecil

Cari usaha dengan modal kecil? Bisnis stationery merupakan pilihan yang tepat karena kamu hanya perlu membeli beberapa produk alat tulis yang sangat dibutuhkan dan sedang dibicarakan oleh target pasar. Kemudian, kamu bisa menyesuaikan dengan harga pasar terkini.

Pastikan kamu mendapatkan produk dari supplier tangan pertama. Kini, sangat mudah mencari supplier alat tulis yang estetik dan nyaman digunakan. Bahkan, kamu bisa membeli dalam jumlah satuan sehingga dapat dimanfaatkan secara maksimal. Perhatikan detail produk dan supplier yang hendak dipilih.

Jika keuntungan semakin banyak, kamu bisa mengalokasikannya ke persediaan stok barang. Perlu dicatat bahwa stok barang lengkap ialah kunci utama kesuksesan sebuah toko alat tulis. Semakin lengkap produk, maka semakin banyak pelanggan yang puas karena memperoleh semua produk yang dicari dengan mudah.

3. Operasional Mudah

Bisnis stationery merupakan pilihan usaha yang tepat bagi seorang pemula. Tidak perlu khawatir karena belum pernah terjun di dunia bisnis karena kegiatan operasionalnya sangat mudah. kamu tidak perlu kemampuan dan keterampilan khusus untuk menekuninya. Hanya dengan melayani pelanggan dengan ramah, usaha dapat berjalan dengan baik.

Pembelian stok juga tidak perlu dilakukan setiap hari. namun, pastikan kamu rutin mengecek persediaan stok produk agar segera restock produk yang hampir habis. Kategorikan produk yang paling laku dan banyak dicari pelanggan. Sehingga, pelanggan tidak kecewa karena kehabisan stok.

4. Minim Resiko

Berbeda dengan bisnis pada umumnya, usaha ATK minim resiko karena produknya tidak akan rusak atau basi. Dengan begitu, kamu tidak akan rugi jika produk tidak terjual dalam waktu dekat. Namun, pastikan bahwa produk masih dalam kondisi yang bagus seperti tidak ada lecet, debu dan kotoran.

Agar pelanggan tertarik mengunjungi toko, pastikan seluruh penataan etalase serta produk tersusun dengan rapi dan menarik. Dengan begitu, pelanggan lebih mudah menjumpai produk yang tengah dicari. Hal ini juga memudahkan kamu dalam mengelola stok barang yang tersedia.

Ada banyak alasan kenapa bisnis stationery sangat menguntungkan meski hanya membutuhkan modal kecil. Bisa dibilang bahwa usaha alat tulis diincar banyak orang untuk menunjang kinerja sehari-harinya. Agar dapat menjangkau banyak orang dan memudahkan kegiatan bisnis, gunakan aplikasi Olsera. Hubungi tim Olsera untuk informasi lebih lanjut!

Baca artikel lainnya di sini
- Manfaat Chat Commerce untuk UMKM, Siap Respon Pelanggan Kapanpun!
- Rahasia Liburan Nyaman Bisa Pantau Usaha Dimana Saja
- Apa itu SKU Produk? Berikut Penjelasan dan Kegunaannya!